December 3, 2013

Laporan Penelitian Bahasa Indonesia



Hasil Penelitian Minat Siswa Terhadap Pelajaran Olahraga
SMA Negeri 7 Medan
disusun oleh:
Arief Hidayat
Arifa Hanim
Ariza Nur Alvi Nasution
Aulia Ramadhandi
Emmi Aulia Hasibuan

Kelas XI IPA 4
SMA Negeri 7 Medan



       I.            Latar Belakang Masalah
            Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, tentu saja tidak cukup bagi para pelajar jika hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga harus ditunjang dengan kesehatan jasmani dan rohani. Dapatkah kita melakukan kegiatan sehari-hari secara normal dengan kondisi tubuh yang tidak fit? Tentu saja tidak. Seperti sebuah ungkapan Romawi Kuno yang sudah populer dan telah banyak kita dengar, Mens Sana in Corpore Sano yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, mungkin sebagian dari kita pasti bertanya mengapa dikatakan demikian? Ya, dengan memiliki tubuh yang sehat kita tentu bisa melakukan berbagai macam kegiatan tanpa merasakan kelelahan yang berarti. Oleh karena itu, mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PENJASKES) dianggap sebagai salah satu sarana penting dalam menciptakan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani.
            Namun, bagaimanakah minat para pelajar terhadap mata pelajaran olahraga tersebut? Tidak semua pelajar berminat terhadap olahraga, ada sebagian pelajar yang beranggapan bahwa yang terpenting di sekolah ialah kemampuan kognitifnya saja dan ada pula pelajar yang tidak berminat terhadap olahraga di sekolah dikarenakan sarana prasarana yang kurang lengkap. Oleh sebab itu, peran serta pengajar terutama guru olahraga dalam bagaimana mengapresiasi dan memanfaatkan sarana prasarana yang ada di sekolah sangat mempengaruhi tingkat partisipatif pelajar dalam berolahraga.

    II.            Rumusan Masalah
1)      Apa manfaat dari berolahraga?
2)      Bagaimana tingkat partisipasi siswa/i SMA Negeri 7 Medan terhadap mata pelajaran olahraga di sekolah?
3)      Apa yang menyebabkan kurangnya partisipasi siswa/i SMA Negeri 7 Medan  dalam kegiatan plahraga di sekolah?

 III.            Tujuan Penelitian
1)      Untuk memahami berbagai manfaat olahraga.
2)      Untuk mengetahui seberapa besar minat siswa/i SMA Negeri 7 Medan terhadap mata pelajaran olahraga di sekolah.
3)      Untuk mengetahui penyebab kurangnya partisipasi siswa/i SMA Negeri 7 Medan  dalam kegiatan olahraga di sekolah.


 IV.            Metode Penelitian
            Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian minat siswa/i SMA Negeri 7 Medan terhadap mata pelajaran olahraga adalah metode penelitian langsung.

    V.            Pembahasan
Tabel Data Hasil Penelitian Olahraga
Kelas
Waktu
Penelitian di Lapangan
1. X-1
Senin, 14 Januari 2013
Jam pelajaran 2-3
10 siswa berseragam olahraga aktif bermain futsal di lapangan, 5 siswa di pinggir lapangan, 5 siswa di depan kelas, 11 siswi di dalam kelas dan sisanya berada di kantin, tidak satu pun siswi mengenakan seragam olahraga.
2. X-2
Senin, 14 Januari 2013
Jam pelajaran 4-5
10 siswa berseragam olahraga aktif bermain futsal di lapangan, 4 siswa di pinggir lapangan, 8 siswi berseragam olahraga di depan kelas.
3. X-3
Senin, 14 Januari 2013
Jam Pelajaran 7-8
Hanya ada 10 siswa laki-laki di lapangan yang bermain futsal, beberapa siswa perempuan yang tidak mengenakan seragam olahraga berada di kantin, sisanya berada di kelas.
4. X-4
Selasa, 15 Januari 2013
Jam Pelajaran 3-4
Siswa laki-laki berseragam olahraga bermain futsal di aula, sementara siswa perempuan berada di kantin dan di dalam kelas.
5. X-5
Senin, 14 Januari 2013
Jam Pelajaran 2-3
Siswa laki-laki berseragam olahraga bermain futsal di aula, sedangkan beberapa siswa perempuan yang juga berseragam olahraga bermain bulu tangkis, sisanya berada di kelas.
6. X-6
Senin, 14 Januari 2013
Jam Pelajaran 4-5
Hanya siswa laki-laki berseragam olahraga bermain futsal di aula, sementara seluruh siswa perempuan berada di kelas.
7. X-7
Senin, 14 Januari 2013
Jam Pelajaran 7-8
Siswa laki-laki bermain futsal di aula, dan ada beberapa siswa perempuan yang bermain bola basket di dalamnya.
8. X-8
Selasa, 15 Januari 2013
Jam Pelajaran 1-2
10 siswa laki-laki berseragam olahraga bermain futsal di lapangan, 6 siswa di pinggir lapangan, dan seluruh siswa perempuan berseragam olahraga berada di dalam kelas.
9. X-9
Jum’at, 18 Januari 2013
Jam Pelajaran 2-3
(tidak melakukan pengamatan)
10. XI IPA-1
Selasa, 15 Januari 2013
Jam Pelajaran 5-6
10 siswa berseragam olahraga  bermain futsal di lapangan, 5 siswa di pinggir lapangan, sementara seluruh siswi berada di dalam kelas.
11. XI IPA-2
Selasa, 15 Januari 2013
Jam Pelajaran 1-2
Siswa laki-laki bermain futsal di aula, sementara beberapa siswa perempuan berada di kantin dan tidak satu pun siswa perempuan berseragam olahraga.
12. XI IPA-3
Jum’at, 18 Januari 2013
Jam Pelajaran 3-4
(tidak melakukan pengamatan)
13. XI IPA-4
Rabu, 16 Januari 2013
Jam Pelajaran 1-2
Seluruh siswa/i berseragam olahraga melakukan pemanasan di lapangan, kemudian  melakukan lari estafet, selanjutnya 10 siswa bermain futsal, 4 siswa di pinggir lapangan, dan seluruh siswi masuk ke dalam kelas.
14. XI IPS-1
Rabu, 16 Januari 2013
Jam Pelajaran 3-4
Seluruh siswa tampak berseragam olahraga namun hanya siswa laki-laki saja yang berolahraga dengan bermain futsal.
15. XI IPS-2
Selasa, 15 Januari 2013
Jam Pelajaran 5-6
10 siswa berseragam olahraga bermain futsal di lapangan, 3 orang siswa berada di pinggir lapangan, tidak satu pun siswi yang berolahraga.
16. XII IPA-1
Selasa, 15 Januari 2013
Jam Pelajaran 3-4
Seluruh siswa berada di lapangan melakukan ujian praktek lari.
17. XII IPA-2
Rabu, 16 Januari 2013
Jam Pelajaran 3-4
Seluruh siswa berada di lapangan melakukan ujian praktek lari.
18. XII IPA-3
Rabu, 16 Januari 2013
Jam Pelajaran 5-6
(tidak melakukan pengamatan)
19. XII IPA-4
Kamis, 17 Januari 2013
Jam Pelajaran 3-4
Siswa laki-laki berseragam olahraga bermain futsal, beberapa siswa perempuan berada di pinggir lapangan.
20. XII IPA-5
Kamis, 17 Januari 2013
Jam Pelajaran 1-2
Seluruh siswa dengan seragam olahraga berada di lapangan untuk ujian praktek.
21. XII IPA-6
Kamis, 17 Januari 2013
Jam Pelajaran 1-2
Seluruh siswa dengan seragam olahraga berada di aula untuk ujian praktek.
22. XII IPS-1
Jum’at, 18 Januari 2013
Jam Pelajaran 4-5
(tidak melakukan pengamatan)
23. XII IPS-2
Rabu, 16 Januari 2013
Jam Pelajaran 1-2
Siswa laki-laki berseragam olahraga bermain futsal di aula, sedangkan beberapa siswa perempuan berseragam olahraga berada di kantin, sisanya berada di dalam kelas.
24. XII IPS-3
Jum’at, 18 Januari 2013
Jam Pelajaran 1-2
(tidak melakukan pengamatan)

*      Pembahasan Penelitian
1)      Memahami berbagai manfaat dari berolahraga.
            Olahraga termasuk suatu aktivitas yang penting bagi tubuh. Selain bentuk tubuh menjadi lebih indah dan sehat, olahraga juga dipercaya membangun semangat untuk menjalani hari-hari yang sibuk. Dengan berolahraga, kita juga mendapat berbagi manfaat lain, misalnya mengurangi  resiko berbagai penyakit, mengurangi stres, menjaga berat badan, hingga meningkatkan energi tubuh.
2)      Tingkat partisipasi siswa/i SMA Negeri 7 Medan terhadap mata pelajaran olahraga di sekolah.
            Seperti yang telah terlihat dari tabel hasil penelitian di atas, hampir 90% siswa/i SMA Negeri 7 Medan kurang berminat dalam mengikuti mata pelajaran olahraga di sekolah. Hanya siswa laki-laki saja yang memiliki partisipasi tinggi terhadap penerapan olahraga di sekolah, namun mereka pun hanya berpusat pada satu jenis olahraga yaitu futsal. Sementara siswa perempuan lebih banyak mengahabiskan waktu mata pelajaran olahraganya dengan berada di dalam kelas maupun kantin.
3)      Penyebab kurangnya partisipasi siswa/i SMA Negeri 7 Medan  dalam kegiatan olahraga di sekolah.
Kurangnya minat siswa/i SMA Negeri 7 Medan  dalam kegiatan olahraga di sekolah, antara lain disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:
·         Sarana dan prasarana yang kurang memadai.
            Seringkali jumlah siswa tidak sesuai dengan sarana yang ada.
·         Kurangnya pemahaman (kesadaran) siswa terhadap manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohaninya.
·         Kurangnya pembinaan (pelatihan khusus) bagi para siswa.

 VI.            Kesimpulan
            Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sejak tanggal 14 Januari 2013 hingga 19 Januari 2013, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa dewasa ini banyak pelajar yang kurang berminat terhadap kegiatan olahraga di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pembinaan, pemahaman, dan sarana yang ada.

No comments: